Durian Lokal Yang Rasanya Sangat Mantul

durian

ngopidw.com – Durian, Indonesia adalah negara yang dikenal sebagai tempat asal durian, karena di Indonesia mempunyai banyak jenis durian. Seperti durian yang sudah kita kenal dipasaran, komersil maupun yang sudah punah.

Buah ini dianggap sebagai King of Fruit atau Raja Buah. Karena bau yang menyengat dan sangat khas.

Read More

Dikutip dari Opini.id Tercatat ada 20 spesies Durian atau dari hampir 30-an jenis durian yang ada. Berikut adalah beberapa jenis Durian yang memilik rasa yang sngat mantul dan membuat ketagihan ^^ 

1. Durian Tai Babi
Catatan pertama pada jenis buah ini adalah Tidak Haram ya Bro/Sis ^^. Namanya memang cukup menggangu dan menjijikan, tapi bila dari segi rasa, jenis ini tak kalah rasa dengan durian jenis lain. Buah dengan nama lain durian Cumasi atau Namlung hanya bisa ditemukan di Bangka Belitung, daging buahnya sangat tebal dan legit alami. Teksturnya sangat lembut tapi tidak terlalu lembek sehingga enak ketika dikunyah.  

Durian Tai Babi/tribunnews.com

2. Durian Montong
Adalah jenis paling terkenal di Indonesia, rasa manis, legit dan aroma harum yang khas. Sayangnya, harga di pasar termasuk mahal, tetapi banyak dijumpai di toko buah.

Dr. Ir. Endang Yuniastuti Msi, peneliti Durian dari Universitas Sebelas Maret Surakarta mengungkapkan bahwa “induk” Durian Montong adalah Durian Sukun, yang diambil dari Matasih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari spesies asli Indonesia tersebut, Thailand kemudian berhasil mengembangkan varietas unggulan yang kemudian dinamakan Durian Montong. 

Durian Montong/liputan6.com

3. Durian Terong
Durian terong berasal dari Sungai Sekayam, Kab. Sanggau, KalBar. Disebut Durian Terong karena bentuk buah yang bulat seperti bola dan seperti buah terong. Beratnya -+ 850 gram – 1,5 kg per buah. Memang termasuk kecil, tapi ketebalan dan rasa daging buahnya sangat luar biasa. Ketebalan dagingnya -+ bisa mencapai 3 cm.

Durian Terong/rumahtanaman.com

4. Durian Petruk
Merupakan buah asli Jepara, Jawa Tengah. Memiliki rasa yang khas dan unik, yaitu setengah manis dan setengah pahit. Bentuknya lonjong berwarna hijau kekuningan, kulitnya berbentuk kerucut kecil dan rapat. Daging buahnya lumayan tebal, berwarna kuning, rada lembek, berserat halus dan bijinya kecil. 

Durian Petruk/liputan6.com

5. Durian Bokor
Sering disebut Durian Aden, berasal dari Majalengka, Jawa Barat. Buahnya besar, berwarna hijau sedikit kekuning-kuningan dengan berat 3 – 4 kg. Dagingnya sedikit tebal berwarna kuning muda dan bertekstur halus, rasanya sangat manis dan aromanya sangat harum. Durian Bokor cukup produktif karena bisa menghasilkan 150-200 buah per pohon. 

Durian Bokor/rancupidfarm.com

6. Durian Merah
Berasal dari Banyuwangi dan banyak di jumpai di Desa Kamiren. Sangat unik dan mudah dikenali karena berwarna merah, berbeda dengan durian pada umumnya yang berwarna putih atau kuning. Daging buahnya lebih tebal, kadar alkoholnya rendah, aromanya menyengat, dan rasanya legit, gurih dan sangat manis. 

Durian merah/rancupidfarm.com

7. Durian Tembaga
Berasal dari Kabupaten Kampar, Riau. Ciri khas jenis ini adalah, bentuknya buah bulat sempurna dengan duri berbentuk lancip dan rapat. Daging buahnya berwarna kuning pekat seperti tembaga, berlemak, dagingnya bertekstur halus. Selain itu, aromanya sangat harum dan rasanya sangat manis, jadi wajar menjadi favorit banyak orang. 

Durian tembaga/durianmusangkingunggul.wordpress.com

8. Durian Perwira
Berasal dari Majalengka, tepatnya di Blok Sinapeul, Desa Ujung berung, Kecamatan Sindang wangi. Daerah Sinapeul merupakan daerah durian yang sangat terkenal di Majalengka. Daging buahnya tebal dan lembut, warnanya kekuning-kuningan, rasanya manis legit. Dinamakan Perwira karena dulu merupakan durian paling dicari para perwira Belanda.

Durian Perwira/rumahtanaman.com

9. Durian Bawor
Berasal dari daerah Banyumas. Memiliki kemiripan dengan montong, sehingga sering disebut juga montongnya Banyumas. Ciri-cirinya sendiri memiliki daging buah tebal dan berwarna orange, rasa yang manis, serta bijinya kecil. 

Durian Bawor/tribunnews.com

10. Durian Pelangi
Berasal dari Manokwari, Papua Barat. Memiliki keunikan pada warna dagingnya, yaitu perpaduan antara merah muda, merah tua dan coklat muda dengan semburat hijau di sudut pongge. Buah jenis ini memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur lembut tetapi lengket. 

Durian Pelangi/boombastis.com

Apakah kamu termasuk penggemar durian ? Jawab di komentar ya 😁

Related posts