Makan Rambutan Bikin Batuk, Benarkah Itu ?

rambutan
Rambutan /Fajar

NgopiDw.com – Makan Rambutan bikin batuk ? masa si, aku sih gak batuk walaupun makan banyak juga 😁

Akhir tahun hingga awal tahun ini, sedang banyak rambutan nih gaes. Udah pada makan lom nih ?

Read More

Buah yang mempunyai daging bewarna putih, punya rasa manis yang menggoyang lidah. Tapi apa iya, kalau seusai makan buah ini bisa batuk ? Lanjutkan !!!

Baca juga : Manfaat Tanaman Lidah Mertua Bagi Kesehatan

Memang, untuk beberapa orang bisa menjadi demikian. Tetapi sampai saat ini belum ada studi ilmiah yang membuktikan itu.

Baca juga :  Tanaman Pengusir Nyamuk, Buat di Rumah Kamu !!!

Bila memang ada seseorang batuk usai mengonsumsi rambutan tampaknya hal ini terkait reaksi individual. Misalnya pada orang yang memiliki bakat alergi atau sensitif terhadap sesuatu.

“Orang yang cenderung memiliki bakat alergi, misalnya alergi terhadap telur atau punya asma, ada beberapa hal yang membuat saluran napas jadi bereaksi walau enggak sampai timbul gejal alergi. Batuk itu terjadi karena saluran napasnya terganggu,”

Penyebab seseorang batuk bisa jadi karena gula pada rambutan yang bersifat pekat. Sehingga cenderung melekat di tenggorokan.

“Misalnya kalau orangnya sudah batuk dan dia konsumsi rambutan, bisa merangsang tenggorokan untuk memproduksi lendir lebih banyak. Akibatnya, tenggorokan berusaha mengalirkan gula tersebut dengan refleks batuk,” jelas dokter Resthie Rachmanta seperti dikutip dari Klikdokter.

Baca juga :  Arya Permana Sekarang, Ade Rai Menjadi Pahlawan

Baca juga : Penting !!! Kenali Kode Segitiga Pada Botol Plastik

Bila Anda tak memiliki masalah usai mengonsumsi rambutan bukan berarti makan banyak-banyak. Hanya saja, makan rambutan secukupnya janganlah berlebihan. Karena semua hal yang berlebihan itu tidaklah baik 😊

Jika usai makan rambutan merasa tenggorokan tidak nyaman atau batuk-batuk, minumlah air hangat. Kehadiran air hangat mampu mengencerkan lendir yang merangsang seseorang mengalami batuk.

“Secara fisiologis tubuh, gula itu sifatnya menarik air kan. Ketika lendir sampai di tenggorokan jadi bikin gatel dan batuk,” Mungkin kalau gatel garuk aja kali ya 🤣🤣🤣.

 

Related posts