Install Anti Virus, Sebnarnya Perlu atau Tidak

anti virus perlu atau tidak
Ilustrasi Perlu Install Anti Virus atau Tidak /ilustrasi oleh ngopidw.com

Rekomendasinya Install Anti Virus yang mana nih ?

Ilustrasi Laptop yang tekoneksi jaringan internet /freepik

Kita lihat dari beberapa opsi dibawah ini, anti virus mana yang paling cocok buat kamu. Dan perlu diingat, ini tidak mengakibatkan kebal dari virus, melainkan menjaga dan punya waktu perbaikan lebih cepat.

Jadi jangan gagal paham mengenai anti virus ya gaes, udah install kok masih kena virus. Jangan ada kalimat itu untuk penganut smart people ya 😁

Rekomendasi Pertama, Aku menggunakan M-Banking atau E-Banking :

Anti Virus yang tepat untuk pengguna m-banking atau e-banking ialah yang mempunyai proteksi firewall yang baik dan mempunyai fitur perlindungan banking.

Biasanya, jenis AV ini adalah tipe tertinggi pada satu produk AV. Contoh, pada produk Kaspersky yang saya gunakan. Tipe tertinggi pada produk Kaspersky adalah Total Security.

Produk Kaspersky Total Security, mempunyai fitur paling lengkap tentunya dengan harga paling mahal. Dan contoh lain pada AV Symantec dari Norton, produk paling lengkap di punyai pada tipe Endpointnya.

Dan masih ada banyak AV lain, seperti NOD32, Trend Micro, Mc Afee, AVG, Avira, Avast, dan masih banyak lainya. Pada intinya, jangan gunakan AV gratisan bila kamu sering bertransaksi M-Banking atau E-Banking.

Rekomendasi Kedua : Aku tidak menggunakan M-Banking atau E-Banking :

Tidak menggunakan banking pada kegiatanmu sehari-hari di laptop atau pc tapi berselancar di internet ?, saya sarankan sebaiknya Install AV deh.

Bukan karena apa, tapi untuk keamanan data pribadimu karena mencegah website phising atau website palsu. Untuk website palsu bisa baca di artikel ini nih.

Baca juga : Cara Mengenali Website Palsu

Tidak ada yang benar – benar aman, install AV ataupun tidak akan tidak berpengaruh bila perilakumu di laptop/pc jorok alias asal klik.

Terlebih, sudha install AV tapi tidak pernah di update databasenya. Jadi AV tidak mengenali jenis virus baru. Istilahnya gak di suntik vaksin, jadi gak kebal sama varian virus baru.

Kelebihan dan Kekurangan Install Anti Virus

Kelebihan :

Mengurangi potensi bahaya atau dapat mencegah masuk website berbahaya. Karena tidak semua website itu baik, ada website yang dikhususkan untuk mendulang data dari pengunjung, di susupi adware dan masih banyal lainya.

Kekurangan :

Tentunya ada kekurangan, terutama pemakaian resource yang menjadi lebih besar. Sumber daya laptop/pc akan terkuras saat ada aktivitas anti virus.

Contoh pada saat scan otomatis, update database, colok flashdisk, ada adware masuk dan av blocking otomatis dan lainya, Saat proses itu berjalan, maka AV akan menggunakan resource besar dan menguras banyak sumber daya device.

Kesimpulan

Bila memang tidak digunakan untuk kegiatan berselancar, bolah saja tidak menginstall AV. Tapi bila berselancar di internet, saran dari kami sebaiknya install AV.

Sebaiknya juga bukan AV gratisan, belilah satu lisensi terendah di satu varian anti virus, bila kamu memang tidak menggunakan banking.

Related posts